Cara membedakan Jenis Kelamin Pada Ayam

Cara membedakan Jenis Kelamin Pada Ayam | Bagi para peternak yang sudah lama berkecimpung di dunia ayam pasti tidak akan kesulitan membedakan jenis kelamin ayam walaupun saat baru menetas, namun bagi orang awam yang mungkin baru-baru mencoba usaha memelihara ayam akan kesulitan membedakan jenis kelamin ayam saat baru menetas.

Cara membedakan Jenis Kelamin Pada Ayam

Dalam hal ini saya akan memberikan 2 teknik cara membedakan jenis kelamin ayam dengan mudah, metode yang digunakan adalah chick sexing, untuk lebih jelasnya mengenai metode ini silahkan lihat dibawah ini.
  1. Menggunakan cara feather sexing
  2. Metode ini adalah cara membedakan jenis kelamin ayam dengan cara melihat bagian sayap ayam, cara mengetahuinya dengan cara lihatlah pertumbuhan bulu sayap pada ayam, apabila sayapnya cepat tumbuh dan besar berarti kemungkinan itu ayam jantan, tapi kalau sebaliknya mungkin itu ayam betina.
  3. Menggunakan cara vent sexing
  4. Metode ini dilakukan dengan cara melihat dan meraba alat kelamin ayam yang baru menetas, bila saat diraba pada alat kelaminnya ada tonjolan/benjolan kuning, kemungkinan itu ayam jantan. begitu pula sebaliknya karena ayam betina mempunyai ovarium berbentuk huruf V sehingga tidak ada tonjolan pada kelaminnya, jadi itu kemungkinan ayam betina.
Bagaimana mudahkan membedakan jenis kelamin ayam? saya yakin setelah kalian membaca artikel ini kalian akan lebih bisa membedakan jenis kelamin ayam. Demikianlah informasi ini saya sampaikan, semoga bermanfaat buta kalian semua.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment